File Otomotif pernah membahas mengenai Perbedaan Mesin Diesel dengan Mesin Otto, untuk postingan kali ini akan dibahas mengenai komponen-komponen mesin diesel.
Motor
diesel di ciptakan oleh seorang warga Jerman bernama Rudolf Diesel,
dimana pada tahun 1898 berhasil menunjukan karyanya. Latar belakang
Rudolf Diesel membuat mesin tersebut karena ia berkesimpulan bahwa
mesin uap semasa itu amat memboroskan bahan bakar, karena rendemennya
(efesiensinya) yang rendah. Hingga ia berkehendak untuk membuat suatu
mesin yang pemakaian bahan bakarnya rendah dan dapat dapat merubah
panas menjadi panas berguna. Sampai saat ini motor diesel merupakan
jenis motor yang dekat dengan populer, karena pemakaian bahan bakarnya
yang mudah dan lebih irit.
Motor Diesel biasanya juga disebut “motor penyalaan-kompresi”
(compression-Ignition engine) oleh karena cara penyalaan bahan
bakarnya dilakukan dengan menyemprotkan bahan bakar kedalam udara yang
bertekanan dan bertempratur tinggi, sebagai dari akibat proses kompresi.
Berbicara
tentang komponen mesin diesel (bagian-bagian mesin diesel) merupakan suatu pemahaman dari operasi atau kegunaan berbagai bagian berguna untuk
pemahamam sepenuhnya dari seluruh mesin diesel. Setiap bagian atau unit
mempunyai fungsi khusus masing-masing yang harus dilakukan dan bekerja
sama dengan bagian yang lain membentuk mesin diesel. Orang yang ingin
mengoperasikan, memperbaiki atau menservis mesin disel, harus mampu
mengenal bagian yang berbeda dengan pandangan dan mengetahui apa fungsi
kusus masing-masing. Pengetahuan tentang bagian-bagian mesin diesel akan
diperoleh sedikit demi sedikit, pertama kali dengan membaca secara
penuh perhatian yang berikut, dan kemudian dengan melihat daftar istilah
pada akhir buku ini setiap istilah yang belum dapat anda mengerti.
secara garis besar komponen-komponen mesin diesel ada 9, yaitu sebagai berikut :
- silinder mesin diesel
- kepala silinder mesin diesel
- katup pemasukan dan katup buang mesin diesel.
- torak batang engkol mesin diesel
- poros engkol mesin diesel
- Roda gila mesin diesel
- Poros nok mesin diesel
- Karter mesin diesel.
- Sistem bahan bakar mesin diesel
1. Silinder mesin diesel
Jantung mesin diesel adalah silindernya, yaitu tempat bahan bakar dibakar dan daya ditimbulkan. Bagian dalam silinder mesin diesel dibentuk dengan lapisan (liner) atau selongsong (sleeve).Diameter dalam silinder disebut lubang( bore)
2. Kepala silinder (cylinder head) mesin diesel
Menutup satu ujung silinder dan sering berisikan katup tempat udara dan bahan bakar diisikan dan gas buang dikeluarkan.
3. Torak (piston) mesin diesel
Ujung lain dari ruang kerja silinder ditutup oleh torak yang meneruskan kepada poros daya yang ditimbulkanoleh pembakaran bahan bakar. Cincin torak (piston ring) mesin diesel yang dilumasi dengan minyak mesin menghasilkan sil( seal) rapat gas antara torak dan lapisan silinder. Jarak perjalanan torak dari
ujung silinder ke ujung yang lain disebut langkah (stroke)
4. Batang Engkol (Connecting rod) mesin diesel
Satu ujung, yang disebut ujung kecil dari batang engkol, dipasangkan kepada pena pergelangan (wrist pin) atau pena tora (piston pin) yang terletak didalam torak. Ujung yang lain atau ujung besar mempunyai bantalan untuk pen engkol. Batang engkol mengubah dan meneruskan gerak ulak-alik (reciprocating) dari torak menjadi putaran kontinu pena engkol selama langkah kerja dan sebaliknya selama langkah yang lain.
5. Poros engkol (crankshaft) mesin diesel
Poros engkol berputar dibawah aksi torak melalui batang engkol dan pena engkol yang terletak diantara pipi engkol( crankweb ), dan meneruskan daya dari torak kepada poros yang digerakkan. Bagian dari poros engkol yang di dukung oleh bantalan utama dan berputar didalamya di sebut tap (journal).
6. Roda Gila ( Flywheel ) mesin diesel
Dengan berat yang cukup dikuncikan kepada poros engkol dan menyimpan energi kinetik selama langkah daya dan mengembalikanya selama langkah yang lain. Roda gila membantu menstart mesin dan juga bertugas membuat putaran poros engkol kira-kira seragam.
7. Poros Nok (Camshaft) mesin diesel
Yang digerakkan oleh poros engkol oleh penggerak rantai atau oleh roda gigi pengatur waktu mengoperasikan katup pemasukan dan katup buang melalui nok, pengikut nok, batang dorong dan lengan ayun. Pegas katup berfungsi menutup katup.
8. Karter (crankcase) mesin diesel
Berfungsi menyatukan silinder, torak dan poros engkol,melindungi semua bagian yang bergerak dan bantalanya dan merupakan reservoir bagi minyak pelumas. Disebut sebuah blok silinder kalau lapisan silinder disisipkan didalamya. Bagian bawah dari karter disebut plat landasan.
9. Sistem Bahan Bakar mesin diesel
Bahan bakar dimasukan kedalam ruang bakar oleh sistem injeksi yang terdiri atas. saluran bahan bakar, dan injektor yang juga disebut nosel injeksi bahan bakar atau nosel semprot.
test for http://file-otomotif.blogspot.com
BalasHapus