Selasa, 25 September 2012

Tips Agar Mobil Tetap Bersih dan Kinclong

File Otomotif. Keadaan mobil adalah cerminan kepribadian sang pemilik. Mobil baru atau bekas, asal tetap bersih dan kinclong tentu akan membuat orang yang melihat senang atau setidaknya berpikir positif tentang sang pemilik. Dibawah ini ada beberapa tips agar mobil tetap bersih dan kinclong :

1. Siasati kondisi cuaca.

a. Usahakan parkir di tempat yang beratap, sehingga terhindar dari panas atau hujan secara langsung. Sinar matahari yang memancar terus menerus dapat merusak lapisan cat mobil, sedangkan bila terkena air hujan dan tidak segera dikeringkan maka akan timbul bercak-bercak noda biang jamur.

b. Dimalam hari, hindarkan kontak langsung mobil dengan embun, karena dapat mempercepat timbulnya karat. Bila tidak memiliki garasi yang tertutup sebaiknya mobil ditutup dengaan kantung mobil atau terpal.

2. Hati-hati mencuci mobil.

a. Jika mencuci, disarankan untuk tidak menggunakan detergen, karena akan memudarkan kecemerlangan cat mobil. Sebaiknya gunakan sampo khusus untuk mencuci mobil, namun jika terpaksa habis, gunakan sabun/ sampo untuk mandi asal tidak mengandung detergen.

b. Saat mencuci mobil, sebaiknya hindari busa sabun menempel terlalu lama pada bodi mobil, apalagi dibawah sinar matahari karena dapat menimbulkan bercak-bercak noda pada cat mobil. Sebaiknya begitu dilakukan penyabunan, segera disiram dengan air.

c. Mencuci mobil, paling ideal, dilakukan saat kendaraan dingin, ditempat terbuka dan teduh. Selekas mobil terguyur rata hingga detail mendapat semprotan air, segera keringkan dengan lap. Mula-mula dengan mengelap kaca dan bodi bagian atas.

3. Hindari cairan yang dapat merusak

Hindarkan cat mobil dari tumpahan cairan yang dapat merusak seperti minyak rem, cairan oli, dll. Jika terkena tumpahan segera hapus dan bersihkan.

4. Hilangkan partikel-partikel kasar yang melekat pada mobil.

a. Saat mengecat mobil atau melakukan pengikisan terhadap cat mobil, perhatikan partikel-pertikel kecil yang biasanya sering masih melekat pada mobil. Karena satu partikel saja, bisa menyebabkan cat mobil tergores.

b. Gunakan kemoceng untuk membersihkan debu halus pada mobil.

Itulah  tips agar mobil tetap bersih dan kinclong dari File Otomotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar